Kepala Kampung di Nabire Minta Warga Tak Lagi Bergabung Kelompok Separatis

Andi Mohammad Ikhbal ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 14:50:00 WIT
Kepala Kampung di Nabire Minta Warga Tak Lagi Bergabung Kelompok Separatis
Pembacaan ikrar anggota NFRPB di Nabire untuk kembali ke NKRI. (Foto: Istimewa).

NABIRE, iNews.id - Kepala Kampung Sima di Kabupaten Nabire, Papua, meminta warga tak lagi bergabung dengan komplotan separatis, apalagi kelompok kriminal bersenjata (KKB). Sebab masyarakat di wilayah tersebut masuk dalam kewarganegaraan Indonesia.

Kepala kampung, Daniel Enggeruhi mengatakan, tidak ada lagi masalah setelah 20-an warga yang sebelumnya menjadi anggota dan simpatisan Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB), kembali bergabung ke NKRI.

"Mulai malam ini kita anggap tidak ada masalah lagi," kata Daniel di Kabupaten Nabire, Papua, Selasa (4/5/2021).

Dia mengakui, sebagian warga ini sempat salah jalan dan terpengaruh oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Namun mereka sudah menyerahkan diri dan kembali ke Indonesia.

Warga diharap bisa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan dirinya sebagai kepala kampung atau kepala suku, termasuk ke pemerintah dan aparat TNI Polri.

"Kita sudah sepakat berdamai. Mari kita terima kembali mereka sebagai warga Kampung Sima yang berkewarganegaraan Indonesia," ujarnya.

Sebelumnya sebanyak 20-an anggota dan simpatisan NRFPB di Kampung Sima Nabire kembali ke pangkuan NKRI. Satu dari puluhan orang tersebut termasuk Gubernur NRFPB Alex Hamberi. 

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: