Sama-Sama Kelompok Separatis, Ini Perbedaan KKB Papua dan NRFPB

Andi Mohammad Ikhbal ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 13:55:00 WIT
Sama-Sama Kelompok Separatis, Ini Perbedaan KKB Papua dan NRFPB
Kelompok kriminal bersenjata pro OPM. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) bukan satu-satunya kelompok separatis yang ada di Bumi Cenderawasih. Ada sejumlah kelompok lain termasuk Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB).

Informasi yang dihimpun iNews.id, NRFPB merupakan organisasi separatis yang mengambil sikap lewat gerakan politik. Tujuannya sama dengan OPM, yakni memisahkan wilayah Papua dan Papua Barat dari NKRI.

Kini NRFPB dengan dua kelompok lainnya yakni Koalisi Pembebasan Nasional Papua Barat (WPNCL) dan Parlemen Nasional Papua Barat (NPWP) masuk dalam satu organisasi besar yakni Persatuan Gerakan Pembebasan Papua Barat (ULMWP).

NRRPB pernah mendeklarasikan pemerintahan sementara di Abepura, Kota Jayapura, Papua pada Agustus 2018 lalu. Aksi sekelompok orang yang tergabung dalam organisasi ini pun viral hingga dibubarkan polisi.

Sejumlah aksi NRFPB lebih mengedepankan gerakan politik. Hal ini berbeda dengan KKB yang belum lama ini dilabeli kelompok teroris. Komplotan bersenjata ini lebih dikenal sebagai Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat (TNPB), sayap militer OPM.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Halaman : 1 2