KKB Akan Ditangkap Hidup-Hidup, kecuali Melawan Petugas

Antara ยท Senin, 03 Mei 2021 - 11:40:00 WIT
KKB Akan Ditangkap Hidup-Hidup, kecuali Melawan Petugas
Anggota KKB Papua. (Foto: Istimewa).

JAYAPURA, iNews.id - Personel gabungan TNI Polri akan berusaha menangkap anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) hidup-hidup. Namun mereka tetap akan dilumpuhkan kalau melawan petugas ketika akan diamankan.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, tim gabungan berupaya secepat mungkin menangkap KKB yang selama ini menjadi aktor utama serangkaian aksi kekerasan di Papua.

"Tentu kami dari kepolisian berusaha untuk menangkap mereka hidup-hidup agar jaringannya terungkap. Tapi kalau mereka melawan, kami akan lumpuhkan," kata Irjen Pol Fakhiri di Kota Jayapura, Papua, Senin (3/5/2021).

Polda Papua bersama TNI saat ini sedang melakukan  penggalangan ke semua elemen masyarakat dan pemerintah daerah agar mereka tidak takut dan segera memisahkan diri dari KKB yang sudah ditetapkan sebagai teroris.

"Kami harus memastikan bahwa tindakan penegakan hukum ini benar-benar dilakukan terhadap mereka yang selama ini menjadi bagian kelompok kriminal bersenjata," ujar dia.

Menurut dia, tercatat ada enam kelompok yang aktif melakukan aksi kekerasan dan teror di wilayah pegunungan Papua. Mereka menduduki daerah di Kabupaten Puncak, Intan Jaya dan Nduga.

Namun Kapolda meyakin ada beberapa kelompok kecil yang berasal dari daerah-daerah lain, seperti Kabupaten Puncak Jaya dan Paniai.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal