KKB Dilabeli Teroris, Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Langsung Keamanan di Papua

Antara · Kamis, 06 Mei 2021 - 19:59:00 WIT
KKB Dilabeli Teroris, Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Langsung Keamanan di Papua
Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (tengah) membuka paparan pada rapat kerja bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Gedung Nusantara III, Jakarta, Kamis (6/5/2021). Foto: Antara

JAKARTA, iNews.id - Setelah pemerintah menetapkan label teroris kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo segera meninjau langsung Papua untuk memastikan situasi keamanan. Namun belum diketahui agenda lengkap kunjungan keduanya di Bumi Cenderawasih.

Rencana peninjauan langsung diungkapkan langsung oleh Panglima TNI ketika membuka sesi paparan dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR, Kamis (6/5/2021). Menurutnya, dibutuhkan komunikasi langsung dengan para komandan di lapangan menyikapi situasi terakhir. 

"Dapat pula kami laporkan bahwa sore ini, saya beserta Kapolri akan berangkat menuju Papua. Kami memang tiap saat mendapat laporan mengenai situasi yang ada, tetapi komunikasi dan diskusi secara langsung dengan komandan di lapangan sangat kami perlukan," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada anggota Komisi I DPR RI.

Ketika keluar dari ruang rapat, Hadi hanya membalas sapaan sejumlah wartawan yang ingin memastikan agenda panglima dan kapolri di Papua. Namun dia memilih untuk segera berlalu meninggalkan gedung DPR.

Perhatian terhadap situasi keamanan di Papua memuncak setelah Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Karya Nugraha gugur saat ada kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata KKB di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, April lalu. Belakangan pemerintah menetapkan label teroris kepada KKB.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: