KKB Papua Tebar 92 Aksi Teror Sepanjang Tahun 2021

Puteranegara Batubara · Jumat, 24 Desember 2021 - 13:45:00 WIT
KKB Papua Tebar 92 Aksi Teror Sepanjang Tahun 2021
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri. (Foto: Polda Papua)

JAKARTA, iNews.id  - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menebaar 92 aksi teror di Papua sepanjang tahun 2021. Aksi teror yang mengakibatkan puluhan korban, baik dari personel TNI, Polri maupun masyarakat sipil.

"Penanganan kasus menonjol selama tahun 2021 terjadi sebanyak 92 kasus Kelompok Sipil Bersenjata," kata Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri kepada wartawan, Jakarta, Jumat (24/12/2021).

Mathius mengungkapkan bahwa, puluhan aksi teror itu terjadi di sejumlah wilayah Bumi Cenderawasih. Ada lima titik wilayah di tanah Papua yang kerap menjadi sasaran amukan KKB.

"(Yakni) terjadi di Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Intan Jaya, Kabupaten Puncak dan Kabupaten Nduga," ujar Mathius.

Puluhan aksi teror itu menimbulkan banyak korban. Setidaknya, ada puluhan orang menjadi korban teror kelompok separatis itu, baik dari personel TNI, Polri hingga masyarakat sipil.

"Anggota TNI meninggal dunia sebanyak 11 orang dan 19 orang luka, anggota Polri empat orang meninggal dunia dan tiga orang luka, serta masyarakat meninggal dunia sebanyak 19 orang dan luka 11 orang," ucap Mathius.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: