KKSB Tembaki Mobil Pemda Pegunungan Bintang, Sejumlah Anggota TNI Terluka

Chanry Andrew Suripatty ยท Selasa, 20 Oktober 2020 - 16:50:00 WIT
KKSB Tembaki Mobil Pemda Pegunungan Bintang, Sejumlah Anggota TNI Terluka
Personel gabungan TNI-Polri ketika terlibat baku tembak dengan KKB di Intan Jaya, Papua. (Foto: Humas Polda Papua)

JAYAPURA, iNews.id - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang kerap mengklaim diri mereka sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyerang mobil Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang Papua, Selasa (20/10/2020). Akibat kejadian itu, sejumlah anggota TNI mengalami luka-luka. 

Dari informasi yang didapatkan, KKSB menyerang iring-iringan kendaraan dinas Pemda Pegunungan Bintang yang ditumpangi anggota TNI. Dua anggota TNI, masing-masing seorang anggota TNI dari Satgas Mandala terkena tembakan di bagian telapak kaki dan satu anggota TNI dari Yonif 312 mengalami luka akibat serpihan rekoset peluru. 

Kapenrem 172 PWY, Mayor Inf. Eka Yudha mengatakan, penyerangan tersebut bukan terhadap mobil TNI melainkan terhadap mobil dinas Pemda Pegunungan Bintang yang di dalamnya terdapat sejumlah anggota TNI.

"Ada kejadian itu, tapi bukan mobil (truk TNI) tapi mobil operasional Pemda, yang kebetulan di dalamnya ada anggota TNI. Kami segera keluarkan rilis kepada rekan-rekan wartawan, karena sementara dibuat rilisnya" ujar Mayor Inf. Eka Yudha.

Dalam kejadian penembakan itu, pihak  KKSB/ TPNPB OPM mengaku bertanggung jawab dalam kejadian tersebut. 

Juru Bicara OPM, Debby Sembom mengakui pasukan TPNPB OPM berhasil menembak anggota TNI. 

Menurut Sebby, aksi penyerangan yang dilakukan oleh TPNPB  tersebut dipimpin oleh Komandan Batalion Meme di bawah pimpinan komandan operasi Otopius Mimin. 

Editor : Kastolani Marzuki