Kopassus hingga Denjaka Diminta Turun Tumpas KKB, Ini Daftar Pasukan Elite TNI

Andi Mohammad Ikhbal ยท Senin, 20 September 2021 - 13:50:00 WIT
Kopassus hingga Denjaka Diminta Turun Tumpas KKB, Ini Daftar Pasukan Elite TNI
Pasukan Korps Baret Merah atau Kopassus. (Foto: Penkopassus).

JAYAPURA, iNews.id - Kopassus hingga Denjaka diminta turun untuk menumpas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Sebab aksi mereka sudah semakin melewati batas.

Ketua MPR, Bambang Soesatyo, menegaskan sudah waktunya negara menindak tegas teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dengan menurunkan seluruh matra kekuatan yang dimiliki.

"Tidak boleh ada lagi toleransi terhadap teroris KKB untuk melakukan aksi kejahatan yang meresahkan masyarakat serta mengakibatkan korban jiwa," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

TNI memiliki sejumlah pasukan elite yang punya kemampuan luar biasa. Bisa dibilang, satu orang dari mereka keahliannya setara dengan ratusan prajurit biasa.

Ini daftar prajurit khusus TNI:

1. Denjaka

Detasemen Jalamangkara (Denjaka) merupakan detasemen penanggulangan teror aspek laut yang berasal dari TNI Angkatan Laut. Mereka ini gabungan dari sejumlah pasukan khusus di antaranya Kopaska dan Taifib Marinir TNI AL.

Tak banyak prajurit TNI yang bisa lolos dalam pendidikan untuk menjadi anggota Denjaka. Dari ratusan prajurit yang ikut pendidikan, hanya sekira 50 yang terpilih.

Sebabnya, anggota Denjaka wajib memiliki IQ tinggi dan harus kuat menjalani latihan keras dan mengancam nyawa. Satu anggota Denjaka setara dengan 120 prajurit biasa.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: