Kopi Arabika Arfak, Pj Bupati: Akan Jadi Komoditas Unggulan Kami

Antara ยท Rabu, 14 Oktober 2020 - 14:15 WIT
Kopi Arabika Arfak, Pj Bupati: Akan Jadi Komoditas Unggulan Kami
Petani memanen biji kopi. (Foto: Sindo).

MANOKWARI, iNews.id - Penjabat (Pj) Bupati Pegunungan Arfak, Lasarus Indou, serius akan mengembangkan kopi jenis arabika sebagai komoditas unggulan di daerah tersebut. Sebab sudah ada hak paten dan diakui oleh banyak penikmat kopi.

"Kopi Arabika Arfak sudah diakui, jadi harus kita kembangkan sebagai komoditas unggulan," kata Pj Bupati Lasarus Indou di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (14/10/2020).

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah menerbitkan sertifikat indikasi geografis (IG) untuk Kopi Arabika Arfak. Sertifikat itu diserahkan pada perayaan HUT Papua Barat, Senin (12/10/2020).

Dia mengatakan, meski tugasnya hanya sekitar dua bulan di Kabupaten Pegunungan Arfak, namun sisa masa jabatan itu akan dimanfaat untuk mendorong pengembangan komoditas kopi lokal tersebut, agar jadi prioritas ke depannya.

"Kita harus bersyukur dan memaknai penerbitan sertifikat IG ini sebagai perintah, Kopi Arabika Arfak harus dikembangkan. Butuh proses panjang untuk memperoleh sertifikat ini," ujar dia.

Dari sisi geografis, Kabupaten Pegunungan Arfak, memang sangat cocok untuk mengembangkan komoditas tersebut. Pekerjaan rumahnya tinggal menyiapkan petani yang sanggup memproduksi sesuai kebutuhan pasar.

"Untuk pasar tidak terlalu sulit karena masyarakat Indonesia ini penikmat kopi. Di Papua Barat pun kedai kopi sejak beberapa tahun terakhir mulai bermunculan," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal