Lokasi Permakaman Wagub Klemen Tinal di Samping Kuburan Mendiang Orang Tuanya

Antara ยท Selasa, 25 Mei 2021 - 12:40:00 WIT
Lokasi Permakaman Wagub Klemen Tinal di Samping Kuburan Mendiang Orang Tuanya
Keluarga menaburkan bunga di pemakaman Klemen Tinal. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Jenazah Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Klemen Tinal, dimakamkan di kompleks permakaman keluarga Tinal, Pendopo Bupati Mimika. Jasad korban ditempatkan di samping kuburan mendiang orang tuanya.

Proses pemakaman dipimpin Bupati Mimika Eltinus Omaleng, dimulai sekitar pukul 14.00 WIT melalui upacara militer. Jenazah Klemen Tinal dikuburkan di samping kuburan Pendeta Abdiel Tinal dan Ibu Elisabet Tinal.

Klemen Tinal meninggal dunia pada Jumat (21/5/2021) karena sakit di usia ke 51 tahun. Sang motivator ulung ini meninggalkan seorang istri bernama Stefra Sodora Dupuy yang akrab disapa Yolanda Tinal dan tiga orang anak.

Dia mengawali karier di pemerintahan pada usia yang relatif muda yakni 30 tahun pada 2001. Klemen Tinal meraih suara mayoritas DPRD Mimika untuk terpilih sebagai Bupati Mimika definitif mengalahkan kepala daerah petahana.

Bersama pasangannya Abdul Muis, Klemen Tinal kembali terpilih untuk periode kedua sebagai Bupati Mimika hasil Pilkada 2008.

Pada 2012, Klemen Tinal secara resmi dipinang oleh Lukas Enembe untuk maju bertarung pada Pilkada Papua. Pasangan Enembe-Tinal meraih suara terbanyak dan kemudian dilantik menjadi Gubernur-Wagub Papua pada 2013.

Pasangan Enembe-Tinal kembali terpilih untuk periode 2018-2023 sebagai Gubernur dan Wagub Papua. Namun belum selesai masa jabatannya, kepala daerah yang dikenal sebagai sosok pemikir ini lebih dulu meninggal dunia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal