Longsor Kembali Terjadi di Kota Sorong, Siswi SD Tewas Tertimpa Batu Besar

Chanry Andrew Suripatty ยท Jumat, 18 September 2020 - 23:58 WIT
Longsor Kembali Terjadi di Kota Sorong, Siswi SD Tewas Tertimpa Batu Besar
Warga mengevakuasi jasad bocah perempuan yang ditemukan tewas tertimbun batu besar saat terjadi longsor di Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (18/9/2020). (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

SORONG, iNews.id - Bencana longsor yang diakibatkan hujan deras kembali terjadi di Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (18/9/2020). Bencana itu mengakibatkan seorang anak berusia 11 tahun meninggal dunia.

Korban diketahui bernama Hajija yang merupakan siswi kelas VI sekolah dasar. Jasad korbanditemukan dalam keadaan tidak bernyawa dengan posisi mengenaskan tertimpa batu berukuran besar di dalam rumahnya yang beralamat di Jalan Obadiri Belakang Polres Sorong Kota.

Lurah Remu Selatan Rizal Achmad menjelaskan, sebelum kejadian, Kota Sorong diguyur hujan dengan intensitas lebat sekitar dua jam lamanya.

"Kejadian longsor yang menimpa satu rumah warga di Jalan Obadiri Belakang Polres Sorong Kota, terjadi sekitar pukul 16.45 WIT. Longsor menimpa rumah warga bernama Hairuddin Ahmad, memakan korban anak perempuannya berusia sekitar 11 tahun yang masih duduk di kelas 6 SD," ungkap Rizal di Sorong, Jumat (18/9/2020). 

Dia menjelaskan, korban pada saat terjadi longsor, posisinya berada di dalam rumah tepatnya di dalam kamar mandi. Korban ditemukan oleh warga dan pihak keluarga saat proses evakuasi dalam keadaan meninggal dunia, akibat tertimpa batu berukuran besar. 

"Berdasarkan keterangan dari pihak keluarga, bahwa sebelum kejadian korban baru selesai membeli minyak tanah. Kemudian ibu korban menyuruh korban untuk segera mandi, kemungkinan pada saat korban berada dalam kamar mandi itulah terjadi longsor dan mengakibatkan batu besar menimpanya," kata Rizal.

Untuk proses evakuasi, menurut Rizal, berlangsung agak sulit. Hal ini karena posisi tubuh korban tertimpa batu, sehingga membuat warga sekitar dan keluarga mengalami kesulitan untuk mengeluarkan korban dari tempat tersebut.

"Hanya satu rumah yang tertimpa longsor. Karena ini musim hujan maka kami mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan rawan longsor agar waspada," ujarnya.

Kepala BPBD Kota Sorong Herlin Sasabone mengatakan, longsor menimpa satu rumah warga di Jalan Obadiri Belakang Polres Sorong Kota.

"Tadi sore begitu dapat informasi, saya langsung memerintahkan anggota BPBD dan PMI untuk segera ke lokasi kejadian melakukan proses evakuasi," kata Herlin.


Editor : Kastolani Marzuki