Mendagri Jabarkan Strategi agar KKB Bisa Berkontribusi dalam Pembangunan Papua

Nathan Making ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 11:35 WIB
Mendagri Jabarkan Strategi agar KKB Bisa Berkontribusi dalam Pembangunan Papua
Anggota KKB Papua kembali ke pangkuan NKRI. (Foto: Istimewa).

MIMIKA, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menjabarkan sejumlah strategi agar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dapat berkontribusi membangun daerah. Sumber daya alam dan dana otonomi khusus (otsus) dapat menjadi modal pemerintah.

Tito mengatakan, Papua merupakan daerah yang memiliki sumber daya (SDA) melimpah. Potensi ini harus dikelola baik agar dapat menyejahterakan warga di daerah tersebut.

"Mereka (KKB) kita harapkan ikut berkontribusi dalam pembangunan dari pada membunuh dan menculik orang. Negara tidak boleh kalah," kata Tito di Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (23/7/2020).

Kelompok ini dapat dirangkul bila mereka sejahtera. Caranya dengan menyibukkan mereka dengan berbagai kegiatan pembagunan, sehingga tercipta lapangan pekerjaan untuk mereka.

"Tolong kepala daerah manfaatkan anggaran ini (otsus) untuk pembangunan. Lalu gerakkan potensi alam yang sungguh luar biasa, ditambah dengan SDM yang baik," ujar dia.

Menurut dia, pekerjaan rumah (PR) di wilayah Papua ini hanya tinggal memperbaiki SDM-nya, di antaranya anggota KKB yang kerap bersikap anarkistis dan melakukan pemberontakan.

"Kami tentu minta para tokoh melakukan pendekatan agar mereka mau berkontribusi membangun Papua," kata Tito.

Sebelumnya Mendagri Tito Karnavian juga merinci jumlah dana otsus yang digelontorkan pusat untuk Papua. Nilainya sebanyak Rp4,3 triliun. Anggaran tersebut diharap bisa bermanfaat untuk warga di sana.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal