Tobat, Eks KKB di Puncak Jaya Serahkan Pistol Baretta ke TNI

Herawati ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 12:25 WIT
Tobat, Eks KKB di Puncak Jaya Serahkan Pistol Baretta ke TNI
Penyerahan senjata api dari eks KKB ke TNI. (Foto: Istimewa).

PUNCAK JAYA, iNews.id - Seorang anggota eks kelompok kriminal bersenjata di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, tobat dan menyerahkan senjata api jenis pistol Baretta ke TNI. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Alun-Alun Roh Kudus, Distrik Pagaleme, Senin (22/6/2020) kemarin.

Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto mengatakan, warga yang merupakan bekas anggota KKB, Tendison Enumbi, secara sukarela kembali ke NKRI. Dia pun menyerahkan senjata api miliknya kepada Dandim Puncak Jaya, Letkol Inf Agus Sunaryo.

"Penyerahan senjata ini berawal dari pendekatan kekeluargaan yang dilakukan oleh Dandim kepada saudara Tendison Enumbi," kata Kolonel Cpl Eko di Kota Jayapura, Papua, Selasa (23/6/2020).

Acara serah terima ini diawali dengan apel luar biasa yang dihadiri ASN, TNI-Polri dan para tokoh masyarakat serta ormasi di Kabupaten Puncak Jaya. Setelah itu dilakukan penyerahan senjata api ke TNI melalui Dandim 1714/PJ Letkol Agus dihadapan Bupati, Kapolres dan unsur masyarakat.

Sementara itu Bupati Yuni Wonda mengatakan, Tendison Enumbi kembali ke NKRI dan menyerahkan senjata tersebut atas kesadarannya sendiri. Pemda bersama jajaran TNI dan Polri memang selalu membangun komunikasi baik kepada masyarakat, termasuk eks KKB tersebut.

"Dengan melakukan pendekatan dan komunikasi yang kita bangun selama ini, terbagun kepercayaan masyarakat. Karena itulah saudara Tendison Enumbi dengan suka rela kembali ke pangkuan negara," ujar dia.

Kegiatan serah terima senjata api dari eks KKB di Kabupaten Puncak Jaya sudah berlangsung dua kali. Pertama yakni Telangga Gire, mantan KKB Tingginambut dan saat ini Tendison, kelompok dari wilayah Mewuluk.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal