Muncul Seruan Demonstrasi Tolak Freeport, TNI-Polri Rutinkan Patroli

Antara ยท Kamis, 08 April 2021 - 12:30:00 WIT
Muncul Seruan Demonstrasi Tolak Freeport, TNI-Polri Rutinkan Patroli
Petugas gabungan menggecarkan patroli malam di Mimika. (Foto: Antara)

MIMIKA, iNews.id - Personel gabungan dari TNI-Polri merutinkan patroli di Kabupaten Mimika, Papua untuk mengantisipasi adanya aksi demonstrasi menolak PT Freeport Indonesia. Seruan ini muncul dari kelompok mahasiswa di Kota Jayapura.

Kabag Ops Polres Mimika, AKP Roberth Hitipeuw mengatakan, patroli gabungan ini juga melibatkan Satpol PP dan Brimob Polda Papua.

"Kami rutinkan patroli di sejumlah tempat yang menjadi titik rawan pengumpulan massa," kata AKP Roberth di Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (8/4/2021).

Sejumlah area rawan di antaranya Lapangan Timika Indah, Check Point 28, Mile 38, serta kawasan Terminal Gorong-gorong Timika yang merupakan akses keluar masuk menuju area PT Freeport Indonesia.

"Tempat-tempat itu rawan terjadi aksi yang menimbulkan perkumpulan massa sehingga anggota kami siagakan di sana," ujar dia.

Rencana aksi menolak keberadaan PT Freeport Indonesia tidak hanya dilakukan oleh kalangan mahasiswa Papua, tetapi juga sekelompok orang eks karyawan PT Freeport dan sejumlah perusahaan subkontraktor.

Para eks karyawan Freeport dan perusahaan subkontraktornya yang mencapai ribuan orang itu diketahui telah berhenti kerja sejak Mei 2017.

Sampai saat ini para eks karyawan Freeport dan perusahaan subkontraktornya itu masih menuntut perusahaan untuk menerima mereka bekerja kembali, namun ditolak perusahaan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal