Pangdam dan Kapolda Pantau Situasi Nduga, Wakapolri Terbang ke Papua

Gaby Natasya, SM Said ยท Selasa, 04 Desember 2018 - 13:38:00 WIT
Pangdam dan Kapolda Pantau Situasi Nduga, Wakapolri Terbang ke Papua
Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal. (Foto: iNews/Gaby Natasha)

JAKARTA, iNews.id – Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring dan Kapolda Papua Mayjen Pol Martuani Sormin memantau pergerakan pasukan gabungan di Nduga dari Kota Wamena, Papua. Keduanya terbang dengan pesawat Hercules dari Timika menuju Kota Wamena.

"Ya pagi ini Pangdam bersama Kapolda Papua, Asintel Kodam dan beberapa perwira lainnya telah berangkat ke Wamena dengan pesawat Hercules dari Timika," kata Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi, Selasa (4/12/2018).

Dia menjelaskan, baik Pangdam dan Kapolda akan memantau pergerakan pasukan gabungan baik untuk proses evakuasi maupun pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang telah membunuh 31 pekerja proyek di Kabupaten Nduga.

"Mengapa di Wamena, karena selain sinyal komunikasi di sana bagus untuk memantau pergerakan pasukan gabungan, infrastruktur djuga baik untuk koordinasi, baik dengan pemerintah pusat maupun daerah," kata Wakapendam.


Kadiv Humas Mabes Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal mengungkapkan, selain Kapolda Papua dan Pangdam Cenderawasih, Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto juga sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi untuk memimpin operasi tersebut.

“Wakapolri sudah berangkat, sebentar lagi mungkin landing,” ujarnya, Selasa (4/12/2018).

Dia menjelaskan sesuai dengan instruksi Kapolri, Wakapolri akan datang ke lokasi untuk melakukan analisa situasi dan keamanan di Papua. Wakapolri akan memimpin opeasi untuk menjalankan langkah-langkah penegakan hukum dan yang paling utama upaya penyelamatan.

“Kami sangat sesalkan adanya aksi KKB. Prioritas utama petugas gabungan untuk menjelankan misi penyelamatan dan mengevakuasi korban di sana,” ujarnya.

Sebelumnya personel gabungan TNI-Polri yang dipimpin Kabag Ops Polres Jayawijaya, Kompol RL Tahapary telah diberangkatkan menuju lokasi Kali Yigi dan Kali Aurak di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga Papua. Dimana lokasi ini merupakan ladang pembantaian oleh KKB terhadap 31 pekerja jembatan yang merupakan karyawan PT Istaka Karya.

Editor : Donald Karouw