Papua Barat Bagian Utara Masuk Zona Aktif Gempa Bumi

Antara ยท Selasa, 10 Agustus 2021 - 18:25:00 WIT
Papua Barat Bagian Utara Masuk Zona Aktif Gempa Bumi
Gempa bumi di Ransiki Manokwari Selatan. (Foto: Istimewa).

MANOKWARI, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat rentetan gempa bumi dalam 20 hari terakhir. Papua Barat bagian utara masuk dalam kategori daerah dengan zona aktif gempa.

Hasil pemantauan BMKG dalam 20 hari terakhir di wilayah Indonesia, kluster zona aktif gempa terdapat di barat Aceh, Mentawai, Lampung, Selat Sunda, seluruh wilayah selatan Jawa, Lombok, Sumba, Sulawesi Tengah, Laut Maluku, Seram, dan Papua Barat bagian Utara.

Gempa bumi di busur Jawa belum lama ini terjadi berurutan dari arah barat ke timur, dari Selat Sunda bergeser ke selatan Jawa Tengah. Namun BMKG belum bisa memastikan gempa ini akan berlanjut ke Jawa Timur, Bali hingga Lombok.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan, rentetan gempa tersebut berpusat di Samudra Hindia dengan sumber gempa berada di zona megathrust, Benioff, dan sesar aktif di dasar laut dalam Lempeng Eurasia.

"Kita harus selalu waspada karena gempa kuat kapan saja bisa terjadi di zona sumber gempa aktif," kata Dayono, Selasa (10/8/2021).

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: