Pasien Gejala Berat Melonjak, Pemerintah Mimika Minta Bantuan Oksigen ke PT Freeport

Antara · Selasa, 13 Juli 2021 - 13:50:00 WIT
Pasien Gejala Berat Melonjak, Pemerintah Mimika Minta Bantuan Oksigen ke PT Freeport
Petugas lab melakukan pemeriksaan PCR di RSUD Mimika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Mimika menyurati manajemen PT Freeport Indonesia untuk meminta bantuan oksigen medis. Sebab pasien Covid-19 gejala berat di RSUD melonjak selama beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Reynold Ubra mengatakan, manajemen PT Freeport Indonesia menyanggupi untuk membantu gas medis ke RSUD Mimika. Hal ini pernah dibahas beberapa waktu lalu.

"Bupati Mimika sudah menyurati PT Freeport Indonesia untuk meminta bantuan oksigen atau gas medis," kata Reynold di Kota Timika, Papua, Selasa (13/7/2021).

RSUD Mimika telah memesan oksigen ke Surabaya dan Jakarta, namun untuk pengiriman membutuhkan waktu cukup lama, sementara cadangan yang tersedia semakin menipis.

Sesuai laporan dari Direktur RSUD Mimika, dr Antonius Pasulu, ada satu pasien yang menggunakan alat bantu ventilator membutuhkan bantuan oksigen tiga hingga empat tabung per hari.

"Kalau sehari saja ada 30 pasien yang harus dibantu dengan oksigen, kebutuhan satu hari sebanyak 120 tabung gas medis. Kalau dua hari sudah 300 tabung. Itu baru untuk pasien di ruang isolasi Covid-19," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: