Pelanggar Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura Bakal Dikenakan Sanksi Hukum

Antara ยท Senin, 29 Juni 2020 - 06:30 WIT
Pelanggar Protokol Kesehatan di Kabupaten Jayapura Bakal Dikenakan Sanksi Hukum
Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon.(Foto: Humas Covid-19 Pemkab Jayapura)

SENTANI, iNews.id - Para pelanggar protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah di wilayah Kabupaten Jayapura, Papua, bakal dikenakan sanksi hukum. Sanksi tersebut saat ini disiapkan Polres Jayapura bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Makbon menegaskan, sanksi hukum ini perlu diterapkan mengingat masih banyak masyarakat yang mengabaikan anjuran untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Padahal, pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura terus menyosialisasikan protokol tersebut.

"Kami juga harus menerapkan sanksi hukum supaya dapat memberikan efek jera. Dengan begitu, masyarakat bisa taat terhadap peraturan. Sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menerapkannya," kata Kapolres Jayapura, Minggu (28/6/2020).

Kapolres mengatakan, sanksi hukum terhadap para pelanggar protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah itu saat ini sedang digodok supaya bisa segera diterapkan. Meski begitu, pihaknya belum memastikan sanksi hukum seperti apa nanti yang akan diterapkan kepada setiap pelanggar aturan.

"Sedang kami godok. Nanti sanksi hukumnya itu tentu akan kami sepakati bersama melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," ujarnya.

Dia berharap agar masyarakat di Kabupaten Jayapura tidak apatis dengan peraturan yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Disiplin menerapkan protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah dan membatasi penyebaran virus corona yang telah banyak memakan korban jiwa.


Editor : Maria Christina