Pemasok Senjata dan Amunisi ke KKB Ditangkap, Diduga Oknum ASN Yahukimo

Antara ยท Kamis, 23 September 2021 - 23:33:00 WIT
Pemasok Senjata dan Amunisi ke KKB Ditangkap, Diduga Oknum ASN Yahukimo
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal (Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Polres Yahukimo menangkap oknum aparatur sipil negara (ASN) berinisial ES. Dia diduga menjadi pemasok senjata dan amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan, penangkapan ES berawal saat dia melintas di depan Mapolres Yahukimo dengan menggunakan truk. Saat akan diberhentikan, ES tetap memacu kendaraan hingga anggota mengadang di ruas jalan lainnya.

"Saat diadang tampak jumlah penumpang sudah berkurang karena diturunkan di beberapa lokasi sehingga dilakukan pemeriksaan. Hasilnya kemudian digeledah salah satu rumah di jalur 1 bawah Kompleks Ambruk, Dekai, Kabupaten Yahukimo," ujar Kamal, Kamis (23/9/2021).

Dari laporan yang diterima terungkap, setelah memeriksa kemudian menggeledah rumah ES, ditemukan puluhan barang bukti senjata termasuk amunisi.

Adapun barang bukti yang diamankan di antaranya 26 butir amunisi 5,6 5TJ, 8 Butir amunisi 38 SPC, satu magazine M-16, satu pasang pakaian loreng KNPB, berbagai senjata tajam tradisional dan alat-alat komunikasi.

"Saat ini penyidik sudah memulangkan 20 orang saksi karena tidak terlibat dengan KKB. Sementara ES tetap ditahan," kata Kamal.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: