Pemungutan Suara Ulang Pilkada Wondama, KPU Papua Barat: Kita Tunggu Juknis Pusat

Antara · Jumat, 19 Maret 2021 - 21:48:00 WIT
Pemungutan Suara Ulang Pilkada Wondama, KPU Papua Barat: Kita Tunggu Juknis Pusat
KPU Papua Barat menunggu petunjuk teknis dari KPU pusat untuk pelaksana pemungutan suara ulang Pilkada Teluk Wondama. (Foto: Dok.iNews.id)

MANOKWARI, iNews.id - KPU Provinsi Papua Barat masih menunggu keputusan KPU pusat terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang atau PSU Pilkada Kabupaten Teluk Wondama. Hal itu dilakukan menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintah PSU di empat tempat pemungutan suara (TPS) di daerah tersebut.

"KPU provinsi bersama KPU Teluk Wondama menunggu petunjuk teknis KPU usat untuk teknis pelaksanaan PSU di empat tempat pemungutan suara atau PSU di Distrik Wasior kabupaten Teluk Wondama," ujar Paskalis, Jumat (19/3/2021).

Dia mengatakan, KPU provinsi segera melakukan rapat bersama KPU Teluk Wondama untuk kesiapan anggaran, logistik dan tempat pelaksanaan PSU.

"Amar putusan MK harus dilaksanakan dalam kurun waktu 30 hari. KPU provinsi akan mendampingi KPUD Teluk Wondama dalam pelaksanaan PSU nanti," katanya.

Hasil rapat bersama KPUD Teluk Wondama terkait PSU akan disosialisasikan kepada empat paslon yang akan ikut dalam pelaksanaan PSU ini.

"Kita harap PSU berjalan lancar, dan semua pihak menghargai norma hukum yang mengatur proses pilkada, sehingga PSU dapat berjalan dengan aman dan tertib, tegakkan demokrasi serta keadilan di Papua Bara," ujarnya.

Mahkamah Konstitusi memerintahkan pemungutan suara ulang di empat TPS di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Hal itu diputuskan dalam sidang pembacaan putusan sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) kepala daerah dengan perkara No. 32/PHP.BUP.-XIX/2021, Kamis (18/3/2021).

MK menyatakan permohonan pemohon terbukti untuk sebagian dan mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian karena adanya pelanggaran di empat TPS yakni TPS 5 Wasior, TPS 4 Maniwak, TPS 9 Maniwak dan TPS 14 Maniwak.

Editor : Kastolani Marzuki