Penerbangan Kargo dan Penumpang ke Pedalaman Papua Berjalan Normal

Antara · Rabu, 20 Januari 2021 - 10:45:00 WIT
Penerbangan Kargo dan Penumpang ke Pedalaman Papua Berjalan Normal
Bandara Mozes Kilangin Mimika. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Aktivitas penerbangan perintis untuk penumpang dan kargo barang ke sejumlah rute di pedalaman Papua dari Kabupaten Mimika, Papua, berjalan normal. Pemerintah daerah diminta memastikan keamanan di setiap daerah.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Syamsuddin Sulaiman mengatakan, telah memulai kegiatan penerbangan perintis baik penumpang maupun kargo barang ke sejumlah rute di pedalaman Papua sejak akhir pekan lalu.

"Untuk perintis kargo dan penumpang, kami sudah memulainya sejak hari Sabtu (16/1/2021) untuk rute Timika-Kaimana-Fakfak pulang pergi," kata Syamsuddin di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (19/1/2021).

Untuk penerbangan perintis penumpang, pihak UPBU Mozes Kilangin Timika melakukan kerja sama dengan operator penerbangan Susi Air untuk jenis pesawat Pilatus Porter dan Asian One Air untuk jenis pesawat Cesna Grand Caravan.

Sementara untuk penerbangan perintis kargo barang, dilayani oleh operator penerbangan Trigana Air dengan jenis pesawat Boeing 737-200. Sementara untuk sejumlah rute di pedalaman Papua yang ukuran lapangan terbangnya pendek dilayani Asian One Air.

Terkait kerawanan penerbangan ke wilayah pedalaman Papua pascapembakaran pesawat Cesna Grand Caravan milik maskapai penerbangan MAF di Intan Jaya, Syamsuddin mengatakan, hal itu tergantung jaminan keamanan dari pemerintah daerah.

"Soal keamanan, tergantung dari Pemda. Kalau mereka nyatakan aman, berarti pesawat tetap terbang dari Timika. Kalau memang dinyatakan tidak kondusif, kita tidak bisa terbangkan pesawat dari Timika," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal