Pengumuman Seleksi CPNS Sorong Dinilai Akan Untungkan Warga Asli Papua

Antara ยท Kamis, 10 September 2020 - 12:50:00 WIT
Pengumuman Seleksi CPNS Sorong Dinilai Akan Untungkan Warga Asli Papua
Wali Kota Sorong Lambert Jitmau. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

SORONG, iNews.id - Pengumunan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2018 di Kota Sorong masih menunggu kepastian dari Kemenpan-RB. Ada perubahan dari hasil tes tersebut agar menguntungkan orang asli Papua.

"Ada perubahan hasil seleksi CPNS formasi 2018 yang menguntungkan orang Papua, namun masih menunggu informasi dari Kemenpan RB," kata Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau, Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan, hasil CPNS 2018 diumumkan sebelum 10 September 2020. Namun karena adanya perubahan, waktunya jadi bergeser sedikit. Hanya saja tidak sampai akhir bulan ini.

"Saya pastikan hasil seleksi CPNS formasi 2018 tersebut sudah dikabarkan Kemenpan RB sebelum 20 September 2020, sehingga bisa langsung diumumkan ke masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, presentase hasil seleksi CPNS formasi 2018 berapa persen orang asli Papua dan berapa lagi untuk warga non-Papua. Sementara hal ini masih dirahasiakan, pastinya tetap adil.

Menurut dia, kesepakatan awal formasi tahun CPNS 2018, 80 persen orang asli Papua dan 20 persen penduduk non-Papua. Tapi khusus Kota Sorong dipertimbangkan kembali, karena daerah tersebut heterogen.

"Saya orang birokrasi dan jabatan terakhir sekda sehingga saya paham benar birokrasi yang ada di daerah ini. Saya yang atur karena saya paham, dan orang lain yang tidak tahu benar birokrasi jangan banyak bicara," ujar dia.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal