Pesawat Dimonim Air Hilang Kontak, Warga Mengaku Dengar Suara Dentuman

iNews ยท Sabtu, 11 Agustus 2018 - 19:24 WIB
Pesawat Dimonim Air Hilang Kontak, Warga Mengaku Dengar Suara Dentuman
Ilustrasi Pesawat Dimonim Air di Papua. (Foto:iNews.id)

JAYAPURA, iNews.id – Pesawat PK-HVQ milik operator Dimonim Air yang hilang kontak dalam penerbangan menuju Oksibil, Papua, Sabtu (11/8/2018), diduga jatuh setelah menabrak pegunungan. Warga setempat mengaku mendengarkan suara dentuman dan gemuruh yang diduga dari pesawat tersebut.

Pesawat Dimonim Air PK-HVQ berangkat dari Bandara Tanah Merah, Boven Digoel, sekitar pukul 13.42 WIT. Kemudian pesawat sempat berkoordinasi dengan Menara Control Oksibil ketika melintas di atas Bandara Oksibil, Pegunungan Bintang. Sekitar pukul 14.17 WIT, pesawat yang seharusnya mendarat di Bandara Oksibil pukul 14.20 WIT hilang kontak.

Informasi yang dihimpun iNews di lapangan, sejumlah warga di kawasan Distrik Oksibil mendengar suara gemuruh dan dentuman. Warga menduga suara itu dari pesawat yang menabrak pegunungan hingga akhirnya jatuh.

Sementara Wakapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Dax Sianturi dalam rilisnya juga memaparkan, setelah berkoordinasi dengan pihak AirNav terkait pesawat Demonim Air yang hilang kontak ketika melintas di atas Bandara Oksibil, pihaknya mendapat informasi dari warga terkait pesawat itu.

Sekitar pukul 15.40 WIT, aparat keamanan mendapat informasi dari masyarakat bernama Leo Kakayarmabin melalui telepon seluler. Dia mengatakan, ada pesawat yang melintas di Gunung Menuk, Kampung Okatem, Distrik Oksibil. “Kemudian tidak berapa lama mendengar suara gemuruh,” kata Dax Sianturi.

Adapun data penumpang pesawat yakni, Kapten Leslie Sevuve (Pilot), Wayan Sugiarta (co Pilot), Sudir Zakana, Martina Uropmabin, Hendrikus Kamiw, Lidia Kamiw, Jumaludin, Naimus, dan Jumaidi (anak-anak).


Editor : Maria Christina