Polda Papua: Kontak Tembak Personel Paskhas TNI AU dengan KKB Berlangsung 2,5 Jam

Antara ยท Jumat, 19 Februari 2021 - 16:32:00 WIT
Polda Papua: Kontak Tembak Personel Paskhas TNI AU dengan KKB Berlangsung 2,5 Jam
Pasukan Paskhas TNI AU. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id - Kontak senjata antara TNI Polri dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di sekitar landasan pacu (runaway) Bandara Armaga Aminggaru Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Jumat (19/2/2021) pagi. Baku tembak yang berlangsung sekitar 2,5 jam itu berawal saat KKB menembak di sekitar bandara sekitar pukul 09.20 WIT.

"Awalnya KKB menembaki anggota Paskhas yang bertugas di bandara hingga terjadi kontak senjata," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Kamal di Jayapura, Jumat (19/2/2021).

Dia mengatakan, selanjutnya anggota Polres Puncak dan TNI AD yang ada di Ilaga memperkuat anggota Paskhas. Ketika ditanya kekuatan KKB saat kontak senjata, Kamal menyebut tercatat ada lima anggota KKB yang menyerang menggunakan senjata laras pendek.

Terkait dengan identitas anggota KKB yang tewas dalam kontak tembak, Kamal mengaku belum tahu pasti identitasnya.

"Kami masih menunggu laporan lengkap dari Polres Puncak," kata Kamal.

Sebelumnya, KKB menyerang Pos Paskhas TNI AU di Bandara Armaga Aminggaru Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, Jumat pagi. Personel yang membalas serangan berhasil menewaskan satu anggota KKB. Identitas korban yakni bernama Tera Wamang (27) warga Ilaga

Informasi diperoleh, KKB yang kontak tembak ini merupakan KKB Puncak Jaya pimpinan Lerrymayu Telenggen. Situasi di Bandara Aminggaru saat penyerangan ketika itu sedang proses debarkasi personel Kotis Brimob Satgas Pamrahwan dengan anggota pengganti.

Kontak tembak berlangsung dari pukul 09.20 WIT hingga pukul 11.50 WIT. Korban KKB telah dievakuasi ke Puskesmas Ilaga. Personel TNI Polri masih melakukan penyisiran di seputaran Bandara Armaga Aminggaru.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: