Polisi Belum Bisa Pastikan Kelompok KKB yang Bakar Pesawat MAF di Intan Jaya

Antara ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 10:45:00 WIT
Polisi Belum Bisa Pastikan Kelompok KKB yang Bakar Pesawat MAF di Intan Jaya
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw, belum memastikan kelompok mana yang membakar pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) di Kampung Pagamba, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Sebab ada banyak kubu KKB di daerah tersebut.

"Karena ada beberapa kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang berada di sekitar Kabupaten Intan Jaya," kata Irjen Pol Paulus di Kota Jayapura, Papua, Kamis (7/1/2021).

Sementara ini pilot pesawat atas nama Kapten Alek Luferchek masih trauma dengan insiden yang dialaminya. Karena itulah dia tidak bisa memberikan keterangan detail.

"Saat ini Lufercheck sudah dievakuasi ke Jayapura," ujarnya.

Sementara Kapen Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III TNI, Kolonel CZI Gusti Nyoman Suriastawa, menyebut massa yang melakukan pembakaran pesawat ini merupakan KKB.

"Massa yang ditunggangi KKB melakukan tindakan brutal, kondisi ini diciptakan KKB untuk memberi rasa takut terhadap masyarakat," katanya.

Sekelompok orang diduga KKB menyerang pesawat MAF di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Tujuh penumpang dan pilot dilaporkan selamat dalam insiden ini.

Pesawat MAF jenis Twin Otter ini dibakar massa yang mengklaim bagian dari tentara pembebasan nasional Papua Barat (TNPB), Rabu (6/1/2021) kemarin. 

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: