Polisi Selidiki 2 Penumpang Pesawat MAF, Aksi Pembakaran Diduga Sudah Direncanakan

Antara ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 13:25:00 WIT
Polisi Selidiki 2 Penumpang Pesawat MAF, Aksi Pembakaran Diduga Sudah Direncanakan
Ilustrasi pesawat terbakar. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Polisi akan menyelidiki identitas dua orang yang menumpang pesawat Mission Aviation Fellowship (MAF) di Kampung Pagamba, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Hal ini untuk memastikan adanya rencana pembakaran pesawat tersebut.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, telah memerintahkan Polres Nabire dan Polres Intan Jaya untuk menyelidiki kasus pembakaran ini. Termasuk adanya dugaan keterlibatan penumpangnya.

"Kami sedang check siapa dua penumpang yang mencarter pesawat itu apakah memang tokoh adat di situ ataukah mereka ini masyarakat biasa ataupun yang lain," kata Kapolda di Kota Jayapura, Papua, Jumat (8/1/2021).

Menurut dia, hal itu penting untuk memastikan bahwa sarana transportasi itu disewa oleh orang-orang yang benar-benar memiliki kepentingan. Bukan karena kesengajaan.

"Jangan sampai sudah ada indikasi kesengajaan seakan-akan membawa barang tetapi sudah ditunggui oleh KKB (kelompok kriminal bersenjata)," ujarnya.

Sementara ini belum ada kepastian kelompok mana yang membakar pesawat MAF di Kampung Pagamba, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Sebab ada banyak kubu KKB di daerah tersebut.

"Karena ada beberapa kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang berada di sekitar Kabupaten Intan Jaya," kata Kapolda.

Sementara ini pilot pesawat atas nama Kapten Alek Luferchek masih trauma dengan insiden yang dialaminya. Karena itulah dia tidak bisa memberikan keterangan detail.

"Saat ini Lufercheck sudah dievakuasi ke Jayapura," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: