PPKM Mikro di Mimika 1 Bulan, Bupati Beri Sinyal Lockdown bila Kasus Meningkat

Antara · Rabu, 07 Juli 2021 - 22:35:00 WIT
PPKM Mikro di Mimika 1 Bulan, Bupati Beri Sinyal Lockdown bila Kasus Meningkat
Bupati Mimika Eltinus Omaleng. (Foto: Antara).

TIMIKA, iNews.id - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, menekankan agar warga dapat mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan PPKM mikro untuk pencegahan penularan Covid-19. Sebab bila kebijakan ini tak juga berhasil, kemungkinan diterapkan lockdown.

"Kalau kebijakan PPKM ini tidak berhasil, kami akan tutup total semua aktivitas penerbangan, begitupun dengan aktivitas masyarakat yang lainnya," kata Bupati Eltinus di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (7/7/2021).

Pemerintah Kabupaten Mimika akan menerapkan kebijakan PPKM mikro selama satu bulan ke depan, mulai Kamis (8/7/2021) besok. Kebijakan ini berlaku sampai 6 Agustus mendatang.

Dengan berlakunya PPKM mikro, aktivitas masyarakat dibatasi dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 WIT. Di luar waktu tersebut, semua aktivitas warga maupun pusat perekonomian maupun lalu lintas kendaraan dibatasi sementara. 

"Di atas jam enam sore semua sudah harus ditutup total," ujarnya.

Selain itu, para pelaku perjalanan menggunakan pesawat terbang dari Jakarta, Denpasar dan Makassar ke Timika wajib mengantongi sertifikat vaksin dan hasil pemeriksaan usap (PCR) negatif Covid-19.

Hal lain yang diatur yaitu aktivitas belajar-mengajar di semua satuan pendidikan mulai TK hingga Perguruan Tinggi masih tetap berlangsung secara daring atau online dan belum diizinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka.

Kebijakan PPKM mikro tersebut akan dievaluasi selama satu bulan ke depan. Jika tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19, PPKM Mikro bisa dilonggarkan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: