Prajurit TNI Polri Diminta Berhati-hati Jelang 1 Desember, Ada Informasi KKB Mulai Menyerang

Antara ยท Senin, 22 November 2021 - 11:50:00 WIT
Prajurit TNI Polri Diminta Berhati-hati Jelang 1 Desember, Ada Informasi KKB Mulai Menyerang
KKB menyerang Koramil di Yahukimo mengakibatkan satu anggota TNI gugur. (Foto: Ilustrasi/Ist)

DEKAI, iNews.id - Prajurit TNI Polri yang bertugas di wilayah Papua diminta berhati-hati jelang 1 Desember. Sebab beredar informasi KKB akan mulai menyerang pos-pos pengamanan yang berada di wilayah rawan.

Dandim 1715/Yahukimo, Letkol Inf Cristian Irreuw, sudah memerintahkan kepada seluruh prajurit untuk bersiaga mengingat sebelum insiden penyerangan di Koramil Suru-suru sudah ada informasi tentang KKB yang akan menyerang kodim dan pos-pos pengamanan.

"Anggota saat ini bersiaga guna mengantisipasi terjadinya serangan-serangan di pos-pos," kata Letkol Inf Irreuw di Kota Dekai, Kabupaten Yahukimo, Minggu (21/11/2021).

Aksi penembakan dan penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) ini diduga berkaitan dengan momentum 1 Desember. Waktu tersebut dinilai sebagai HUT Papua Merdeka oleh para kelompok separatis.

Dandim Letkol Christian menilai, ada indikasi KKB mendapat pasokan senjata dan amunisi dari Papua Nugini. Hal ini lantaran terjadi kontak tembak yang cukup lama di Koramil Persiapan Suru-suru pada Sabtu (20/11/2021).

"Kontak tembak terjadi selama enam jam, mulai pukul 06.00 - 12.00 WIT, " ujarnya.

Sebelumnya kontak senjata terjadi di Posramil Suru-suru pada Sabtu lalu. Dua prajurit TNI terkena tembakan KKB, satu orang di antaranya gugur atas nama Sertu Ari Baskoro.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: