Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Kompak Tanam Jagung di Food Estate Keerom Papua

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Kompak Tanam Jagung di Food Estate Keerom Papua
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo menanam benih jagung menggunakan alat mesin pertanian di Kabupaten Keerom, Papua (iNews)

KEEROM, iNews.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau food estate atau lumbung pangan di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (21/3/2023). Kedunya juga ikut menanam benih jagung menggunakan alat mesin pertanian (alsintan).

Food estate merupakan program yang dicanangkan pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan cadangan pangan nasional sebagai antisipasi menghadapi krisis pangan sekaligus upaya pemerintah untuk menuju kemandirian pangan.

Di Kabupaten Keerom sendiri, keberadaan food estate diharapkan dapat mengembalikan kejayaan ekonomi masyarakat. 

Jokowi menjelaskan, pemerintah akan menyiapkan 10.000 hektare untuk program ketahanan pangan yang akan ditanami jagung. Pada tahap awal, lanjutnya, telah disiapkan land clearing, sementara pengolahan tanah baru sekitar 500 hektare.

“Di Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, akan disiapkan kurang lebih 10.000 hektare untuk penanaman jagung. Pengolahan tanah baru 500 hektare, tahun depan 2.500 hektare. Tetapi yang ditanam hari ini baru 100 hektare,” kata Jokowi.

Untuk hasil panen sendiri, Jokowi menyebut panen pertama baru dapat dilihat pada bulan Juni mendatang. Menurutnya, salah satu faktor keberhasilan panen jagung ini dapat dilihat dari struktur tanah yang rata atau datar.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel:

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews.id tidak terlibat dalam materi konten ini.