Profil Papua Pegunungan Hasil DOB, Satu-satunya Provinsi di Indonesia Tanpa Batas Laut

Antara ยท Sabtu, 30 Juli 2022 - 11:29:00 WIT
Profil Papua Pegunungan Hasil DOB, Satu-satunya Provinsi di Indonesia Tanpa Batas Laut
Papua Pegunungan menjadi satu di antara tiga provinsi baru hasil pemekaran Papua dengan ibu kota di Jayawijaya. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Papua Pegunungan merupakan satu di antara tiga provinsi baru di Papua. Provinsi ini satu-satunya di Indonesia yang tidak memiliki batas laut.

Papua Pegunungan lahir pada 30 Juni 2022 melalui Rapat Paripurna ke-26 masa persidangan V tahun sidang DPR tahun 2021-2022 yang menyetujui tiga RUU tentang Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. Sesuai namanya, seluruh wilayah provinsi baru ini merupakan daerah pegunungan.

Luas wilayah Papua Pegunungan mencapai 108.476 kilometer persegi yang berasal dari pemekaran Papua, yakni suatu provinsi baru yang tidak memiliki garis pantai di tengah negara yang terkenal akan kemaritimannya.

Sebelum ini, Provinsi Papua dimekarkan menjadi Papua dengan ibu kota di Jayapura dan Papua Barat dengan ibu kota di Sorong, wilayah Kepala Burung.

Kemudian Papua dimekarkan lagi menjadi Provinsi Papua Pegunungan (ibu kota Kabupaten Jayawijaya), Provinsi Papua Selatan (ibu kota Merauke) dan Provinsi Papua Tengah (ibu kota Nabire). 

Melalui rancangan undang-undang, tersurat Provinsi Papua Pegunungan terdiri atas delapan kabupaten, yakni  Kabupaten Jayawijaya yang juga merupakan ibu kota provinsi, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lanny Jaya dan Nduga.

Selain itu, juga tercantum batas-batas utara, timur, selatan, maupun barat dari provinsi ini yang sama sekali tidak berbatasan dengan laut. Sebelah utara, provinsi ini berbatasan dengan Kabupaten Mamberamo Raya, Sarmi, Keerom dan Kabupaten Jayapura.

Lebih lanjut di sebelah timur, Provinsi Papua Pegunungan berbatasan dengan Papua Nugini, sedangkan di sebelah selatan, berbatasan dengan Kabupaten Boven Digoel dan Asmat.

Dengan demikian, provinsi baru ini termasuk ke dalam jajaran provinsi di Indonesia yang memiliki garis perbatasan negara. Sebelah barat, Papua Pegunungan berbatasan dengan Kabupaten Puncak Jaya, Puncak dan Mimika.

Akan tetapi, fakta provinsi ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang dikelilingi daratan alias landlock tidak menjadikan Provinsi Papua Pegunungan minim akan kekayaan alam. Provinsi ini begitu kaya akan potensi alam, budaya serta wisata yang bisa dimaksimalkan oleh pemerintah.

Seorang ilmuwan dari Universitas Cenderawasih Marinus Yaung meyakini hal itu. Dia menyebut mayoritas Orang Asli Papua (OAP) berlokasi di Provinsi Papua Pegunungan.

Papua Pegunungan merupakan wilayah yang kurang terkoneksi dengan baik antara satu distrik dengan distrik lainnya, begitulah dia menggambarkan situasi infrastruktur di wilayah tersebut. Bahkan, terkadang dibutuhkan pesawat untuk berpindah dari satu distrik ke distrik lainnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: