Profil Tri Budi Utomo Danpaspampres Baru, Jenderal Kopassus Pemburu KKB Papua

Riezky Maulana ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 19:39:00 WIT
Profil Tri Budi Utomo Danpaspampres Baru, Jenderal Kopassus Pemburu KKB Papua
Brigjen TNI Tri Budi Utomo (kanan) saat masih berpangkat kolonel dan ditunjuk sebagai Dangrup A Paspampres pada 2019. (Foto: Puspen TNI).

JAKARTA, iNews.id - Bintang di pundak Brigjen TNI Tri Budi Utomo bakal bertambah lagi. Wadanjen Kopassus ini dipromosikan sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden/Wakil Presiden (Danpaspampres).

Tri akan menggantikan seniornya, Mayjen TNI Agus Subiyanto, yang dipercaya ke teritorial sebagai Pangdam III/Siliwangi. Penunjukan ini menjadi promosi bintang dua bagi lulusan Akademi Militer 1994 tersebut.

Mutasi jabatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Mutas dan promosi jabatan mencakup 60 Pati TNI terdiri atas 31 Pati TNI AD, 13 Pati TNI AL dan 16 Pati TNI AU.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin sertijab Kapusjaspermildas dan Dandema TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/5/2020). (Foto: Puspen TNI).

“Mutasi dan promosi jabatan dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Eddys Riyanto, dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8/2021).

Jenderal Pemburu KKB di Papua

Lahir di Surakarta, Jawa Tengah pada 6 Februari 1971, Tri Budi Utomo memiliki karier cemerlang di militer. Dia merupakan orang pertama dari lulusan Akmil 1994 yang menembus pati alias brigjen.

Dari Lembah Tidar, Magelang, Tri Budi berkecimpung di kecabangan infanteri. Korps Baret Merah menjadi ladang pengabdiannya. Dalam perjalanan waktu, dia pernah menjabat Komandan Sat Gultor 81, unit paling elite di Kopassus.

Setahun di Sat Gultor 81, dia dipromosikan sebagai Asisten Personel Danjen Kopassus (2017-2019). Kariernya semakin melesat saat dia ditunjuk sebagai Komandan Grup A Paspampres.

Editor : Zen Teguh

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: