PT Telkom Upayakan Pemulihan Jaringan Kabel Optik Bawah Laut di Papua

Antara · Minggu, 02 Mei 2021 - 10:45:00 WIT
PT Telkom Upayakan Pemulihan Jaringan Kabel Optik Bawah Laut di Papua
Seorang petugas PT Telkom memperbaiki kabel komunikasi yang putus. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sedang berusaha memulihkan jaringan komunikasi dan internet di Papua. Kondisi ini disebabkan kabel optik bawah laut di daerah tersebut yang terputus.

Disiapkan tiga langkah untuk pemulihan jaringan di antaranya, menyediakan bandwidth melalui jaringan Palapa Ring Timur hingga 500 Mbps, tiga VSAT satelit dengan bandwidth hingga 469 Mbps.

Ada penambahan link satelit sebanyak 4x155 Mbps, serta penataan prioritas lalu lintas trafik komunikasi. Upaya lainnya adalah penambahan satu Gbps melalui link radio IP dan penambahan dari Palapa Ring Timur.

"Alhamdulillah, saat ini layanan voice, SMS, sudah pulih. Untuk data kami berharap berangsur dengan mengutamakan prioritas penggunaan," kata Senior Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia, Ahmad Reza, Minggu (2/5/2021).

Dia mengatakan kapasitas bandwith hingga Sabtu (1/5/2021) sore telah naik dari 500 Mbps menjadi 969 Mbps, selanjutnya menjadi 1.574 Mbps pada 4 Mei dan minggu kedua Mei bisa 2.574 Mbps.

Saat ini, layanan VPN telah naik dengan total trafik 60 Mbps, seluruh layanan Astinet telah up dengan pembatasan trafik 128 kbps per pelanggan, termasuk layanan voice Indihome.

"Khusus pelanggan internet Indihome, IPTV, dan wifi.id untuk sementara masih off dan akan dilakukan aktivasi secara bertahap," ujarnya.

Reza menambahkan secara paralel, kapal yang mengangkut kebutuhan kabel sepanjang 10 km dan peralatan perbaikan juga siap diberangkatkan, meski faktor kondisi alam tetap menjadi tantangan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal