Putra Asli Papua Juarai Lomba Pidato Berbahasa Korea di Yeungnam University

Chanry Andrew Suripatty · Selasa, 19 Oktober 2021 - 02:15:00 WIT
Putra Asli Papua Juarai Lomba Pidato Berbahasa Korea di Yeungnam University
Izak Semuel Ongge, mahasiswa asal Papua juarai lomba pidato berbahasa Korea. (Foto: iNews/Andrew).

JAYAPURA, iNews.id - Putra asli Papua menjuarai lomba pidato berbahasa Korea di Yeungnam University. Dia berhasil mengalahkan rekan-rekannya sesama mahasiswa asing dari berbagai negara di Asia dan Afrika.

Adalah Izak Semuel Ongge, mahasiswa asal Papua yang melanjutkan kuliah S2 di Yeungnam University. Dia mendapat juara satu mengalahkan mahasiswa asing dari Myanmar, Ghana, Tanzania, Cameroon, Rwanda, Ethiopia, dan Costa Rica, termasuk rekannya dari Indonesia Fairuz Rafidah Aflaha yang memperoleh juara tiga.

Dewan Juri dalam kontes tersebut merupakan Dekan dan Para Professor dari Park Chung Hee School of Policy and Saemaul (PSPS) Yeungnam University.

Dalam sambungan telepon, Izak mengatakan, lomba pidato yang berlangsung Jumat (15/10/2021) ini bertujuan untuk mengasah kemampuan pelajar internasional dalam berbahasa Korea.

"Saya hanya berusaha tampil santai membawakan pidato dengan gaya saya, dan memberikan sedikit lelucon agar audience yang menyaksikan bisa ikut merasakan pengalaman-pengalaman hidup saya di Korea," kata Izak kepada iNews, Senin (18/10/2021).

Izak Semuel Ongge merupakan putra asli Papua yang saat ini menjadi ASN di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sejak 2015. Pria berusia 29 tahun lulusan Universitas Cenderawasih Jayapura ini mengaku bersyukur dengan bakat yang diberikan Tuhan.

"Harapan buat generasi muda Papua supaya bisa mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan masing-masing. Gunakan masa muda dengan kegiatan-kegiatan positif supaya bisa membangun kitong (kita) pu (punya)  tanah Papua lebih baik lagi," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: