Reaktif Rapid Test, 6 Penumpang Kapal di Jayapura Palsukan Surat Bebas Covid-19

Antara ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 08:20 WIB
Reaktif Rapid Test, 6 Penumpang Kapal di Jayapura Palsukan Surat Bebas Covid-19
Operasional kapal di pelabuhan Teluk Wondama. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Sebanyak enam orang penumpang kapal di Kota Jayapura, Papua, ketahuan memalsukan dokumen surat keterangan bebas Covid-19. Mereka dinyatakan reaktif, namun mengubah sendiri hasil pemeriksaan tersebut bermodal tip-ex.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Harlod M Pical mengatakan, kecurangan ini dilakukan oleh sejumlah penumpang KM Dobonsolo. Mereka memalsukan surat yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Papua.

"Tadi kita temukan ada enam orang yang melakukan pemalsuan itu. Jadi mereka ini dari hasil tes cepat corona dari Labkesda dinyatakan reaktif," kata Harlod di Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/7/2020).

Namun agar bisa lolos, mereka menghapus kata reaktif dengan tip-ex dan menulis sendiri 'non-reaktif'. Namun petugas yang curiga langsung melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melakukan konfirmasi ke Labkesda.

"Kita curiga karena capnya itu tidak basah. Jadi saya ambil berkas mereka dan langsung ke Labkesda untuk konfirmasi. Ternyata di register mereka, nama mereka berlima ini reaktif," ujarnya.

Untuk mengantisipasi upaya pemalsuan terulang kembali, KKP Jayapura menyarankan agar hasil rapid test ini di-print. Bahkan menggunakan barcode. Bila tulis tangan dinilai akan mudah dipalsukan.

"Saya mohon juga masyarakat jujur agar tidak membuat kita sibuk dengan kerjaan baru," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal