Rencana Jenderal Andika Tangani Papua, Tak Akan Pakai Pendekatan Peperangan 

Carlos Roy Fajarta · Sabtu, 06 November 2021 - 19:19:00 WIT
Rencana Jenderal Andika Tangani Papua, Tak Akan Pakai Pendekatan Peperangan 
Jenderal Andika Perkasa usai fit and proper test di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/11/2021). (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Jenderal Andika Perkasa yang telah disetujui DPR menjadi Panglima TNI berencana tidak akan menggunakan pendekatan peperangan dalam penanganan Papua. Hal itu disampaikan Kepala  Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut saat menjalani fit and proper test di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/11/2021).

Wakil Ketua DPR Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan, persoalan Papua memang menjadi perhatian utama Andika dalam visi misinya saat fit and proper test. Andika menekankan stabilitas Papua menjadi sorotan utamanya dalam pemaparan dan pembahasan lebih dalam saat uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI tersebut.
 
"Pak Andika telah memaparkan visi dan misinya, salah satunya yang dibahas masalah Papua," ujar Lodewijk di ruang rapat Komisi I DPR, Sabtu (6/11/2021).

Dia menyampaikan, prinsip yang disampaikan Andika, yaitu memenangkan pertempuran tanpa peperangan. Andika mengangkat bagaimana pendekatan penyelesaian Papua dengan memanfaatkan operasi pembinaan teritorial.

"Artinya ada pendekatan lunak yang dia lakukan, pendekatan sosial yang dilakukan ujung-ujungnya masalahnya juga bisa diselesaikan," ucapnya.

Menurutnya, pendekatan utama yang dilakukan TNI di bawah kepemimpinan Andika nantinya menggunakan senjata sosial komunikasi. 

"Andalan dia bukan satuan tempur, tapi satuan-satuan teritorial yang digelar mulai dari babinsa, tantamil dan kodim dan itu yang diperkuat," katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: