Satgas Covid-19 Lapago Dorong Ada Rapid Test di Bandara Sentani

Antara ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 06:55 WIB
Satgas Covid-19 Lapago Dorong Ada Rapid Test di Bandara Sentani
Penumpang di Bandara Sentani menjalani pemeriksaan. (Foto: Antara).

WAMENA, iNews.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 wilayah adat Lapago, Kabupaten Jayawijaya, Papua, meminta adanya petugas medis di Bandara Sentani Jayapura. Penumpang yang ingin masuk ke daerah Papua harus rapid test lebih dulu agar dipastikan bebas Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Lapago, Marthin Yogobi mengatakan, inisiatif ini bermula saat ada penumpang dari Jayapura menuju Wamena dinyatakan non-reaktif Covid-19. Saat dilakukan tes swab ulang, yang bersangkutan dinyatakan reaktif, bahkan hasil swab positif virus corona.

"Mungkin pemeriksaan rapid di Sentani (Jayapura) sampel darahnya diambil di jari sehingga tak maksimal. Sebenarnya harus diambil vena di pergelangan tangan baru maksimal," kata Marthin di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (22/7/2020).

Tes cepat kapiler itu, kata dia, memang diragukan. Karena itu Satgas Covid-19 Lapago mendorong asosiasi bupati pegunungan tengah Papua menempatkan petugas medis di Bandara Sentani.

"Saya berharap para bupati di wilayah Lapago mengambil satu kebijakan untuk menempatkan tenaga medis di Jayapura, sehingga mereka yang melakukan rapid test terhadap calon penumpang yang ingin ke Lapago," katanya.

Dia mengharapkan, kebijakan asosiasi bupati terkait penempatan tenaga medis di Jayapura segera dilakukan agar penanganan bisa lebih cepat. Selain itu dia menilai, perlu ada posko pengawasan di setiap akses jalur perbatasan.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal