Selain Corona, Masyarakat di Jayawijaya Diminta Waspadai Aksi Begal

Antara ยท Senin, 11 Mei 2020 - 14:50:00 WIT
Selain Corona, Masyarakat di Jayawijaya Diminta Waspadai Aksi Begal
Rekaman CCTV aksi begal terhadap wartawan di Manokwari. (Foto: iNews/Andrew Chanry).

WAMENA, iNews.id - Kasus kejahatan di Kabupaten Jayawijaya, Papua, meningkat selama pandemi virus corona. Sebab fokus petugas polisi di lapangan sementara ini tak hanya mengurus aksi tindakan kriminal.

Kapolres Jayawijaya, AKBP Dominggus Rumaropen mengatakan, polisi akan kembali menggelar razia dan patroli rutin untuk menekan kriminal akan kembali dilakukan seperti sebelum adanya wabah Covid-19.

"Sebanyak 45 kasus laporan kehilangan motor terjadi sebelum adanya pembatasan sosial dan 33 kasus terjadi selama diberlakukan kebijakan itu," kata Dominggus Rumaropen di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (11/5/2020).

Berdasarkan data kepolisian, tercatat juga tujuh kasus pencurian yang disertai kekerasan. Kasus ini terjadi sebelum diberlakukannya pembatasan sosial dan terjadi tujuh kasus lagi terjadi sesudah aturan itu diterapkan.

"Kegiatan razia dan patroli akan terus berlanjut sebab kalau kita kurangi kegiatan kepolisian, kejahatan akan naik. Kegiatan tetap kita tingkatkan namun tetap memperhatikan SOP bagi anggota misalnya pakai masker dan sarung tangan," katanya.

Mantan Kasatpol PP Kota Jayapura ini mengajak masyarakat mematuhi kebijakan pemerintah terkait pencegahan virus corona, tetapi juga waspada terhadap kejahatan jalanan.

"Kita tahu, ada tujuh kasus yang positif Covid-19, lima di antaranya dirawat dan dua dinyatakan sembuh. Terkait dengan itu juga, kami bekerja sama dengan Satgas Covid-19 Jayawijaya untuk penanganan kasus tersebut," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: