Seleksi CPNS dan PPPK Akan Dibuka, Masyarakat Diminta Waspadai Calo

Dita Angga ยท Rabu, 24 Maret 2021 - 12:50:00 WIT
Seleksi CPNS dan PPPK Akan Dibuka, Masyarakat Diminta Waspadai Calo
Ilustrasi seleksi CPNS. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) segera dibuka. Masyarakat diminta waspada dengan praktik percaloan saat proses seleksi tersebut.

Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan RB, Teguh Widjinarko mengatakan, dalam seleksi ini tidak ada yang bisa menjanjikan kelulusan, apalagi dengan membayar sejumlah uang.

"Mulai pendaftaran secara online hingga proses seleksi berlangsung, semua dilakukan dengan sistem secara akuntabel dan transparan," kata Teguh dalam keterangannya, Selasa (23/3/2021).

Menurut dia, sistem computer assisted test (CAT) dalam proses seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kompetensi bidang (SKB) sudah transparan dan akuntabel.

"Peserta bahkan pengantar bisa tahu hasilnya usai tes berlangsung," ujarnya.

Berbagai langkah telah dilakukan dalam menghadapi pratik percaloan. Salah satunya dengan melaporkan oknum calo ini kepada polisi. 

Selain itu hukuman pemecatan secara tidak hormat juga akan diberikan terhadap pegawai ASN yang terbukti terlibat praktik percaloan.

Praktik calo dapat dihindari masyarakat dengan mengecek kebenaran berita yang beredar dari sumber valid. Misal melalui maupun media sosial Kemenpan RB atau BKN.

Teguh juga meyakinkan masyarakat bahwa hanya kemampuan diri sendiri yang dapat menentukan seseorang menjadi seorang ASN dan bukan orang lain.

"Jangan mudah percaya terhadap janji-janji orang lain yang dapat meluluskan seseorang terutama jika harus membayar sejumlah uang tertentu," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel: