Sidang Petugas Keamanan Freeport Bergabung dengan KKB Diselenggarakan Virtual 27 Oktober

Antara ยท Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:01:00 WIT
Sidang Petugas Keamanan Freeport Bergabung dengan KKB Diselenggarakan Virtual 27 Oktober
Para anggota KKSB yang meneror masyarakat sipil di Papua. (Foto: TNI)

TIMIKA, iNews.idSidang perdana perkara petugas sekuriti PT Freeport Indonesia yang terlibat dalam Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) akan dilaksanakan 27 Oktober mendatang. Persidangan perkara dengan terdakwa Ivan Sambom alias Indius Sambom ditangani oleh majelis hakim PN Jakarta Utara sesuai penetapan oleh Mahkamah Agung.

Kepala Kejaksaan Negeri Timika, Mohammad Ridosan mengatakan, beberapa waktu lalu Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Timika, Roy Andhika Sembiring telah berangkat ke Jakarta untuk melimpahkan berkas perkara terdakwa Ivan Sambom. Terdakwa saat ini masih menjalani proses penahanan di Rutan Mako Brimob Batalyon B Polda Papua di Timika.

"Persidangan akan dilaksanakan secara virtual. Kami sudah meminta izin ke Kajati Papua untuk melaksanakan surat keputusan MA terkait pemindahan tempat persidangan perkara itu," kata Ridosan, Sabtu (24/10/2020).

Mengingat jumlah perkara pidana yang ditangani PN Jakarta Utara sangat banyak, Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Timika, Roy Andhika Sembiring diperintahkan untuk tetap berada di Jakarta. Keberadaannya di Jakarta guna melakukan koordinasi dengan pihak PN Jakarta Utara.

"Kasie Pidum kami perintahkan tetap stand by di Jakarta untuk koordinasi terus di majelis hakim PN Jakarta Utara, agar persidangan perkara ini nantinya tidak mengalami hambatan," ujar Ridosan.

Dia mengatakan, langkah ini ditempuh agar persidangan perkara ini tidak terhambat. Ketika majelis hakim sudah siap, mereka akan menghubungi Kejari Timika untuk melaksanakan persidangan secara virtual.

Sementara terkait lokasi yang akan digunakan oleh terdakwa bersama kuasa hukum dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Timika saat mengikuti persidangan secara virtual kasus ini, Kajari mengatakan ada beberapa alternatif yaitu bisa dilaksanakan. Di antaranya di Mako Brimob Batalyon B Polda Papua di Timika ataupun bisa juga di Aula Kejari Timika.

"Kami punya fasilitas untuk menggelar video conference di Aula Kejari Timika. Fasilitas itu bisa kita gunakan untuk persidangan perkara terdakwa Ivan Sambom," kata Ridosan.

Dia juga menambahkan, terkait persidangan perkara terdakwa Ivan Sambom, Kejari Timika akan meminta bantuan pengamanan dari aparat kepolisian setempat.

Sebelumnya, Ivan Sembom disangkakan melakukan tindak pidana memiliki, menyimpan atau menyembunyikan senjata api atau amunisi dan atau kejahatan terhadap keamanan negara (makar) dan atau kejahatan terhadap jiwa orang (pembunuhan) sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dan atau Pasal 106 KUHP jo Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 338 KUHP jo Pasal 53 KUHP.

Terdakwa ditangkap oleh Tim Satgas Nemangkawi di salah satu kamp Jalan Trans Nabire, Kampung Jayanti, Distrik Iwaka, Mimika, Kamis (9/4/2020) lalu. Sehari-hari, terdakwa bekerja sebagai petugas pengamanan internal (security) di Pusat Perkantoran PT Freeport Indonesia Kuala Kencana. Yang bersangkutan tergabung dalam KKB dan juga merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Militan Mimika.

Editor : Umaya Khusniah