KKB Jadi Dalang di Intan Jaya, TNI: Kami Berkomitmen Taat Hukum

Andi Mohammad Ikhbal ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 11:25:00 WIT
KKB Jadi Dalang di Intan Jaya, TNI: Kami Berkomitmen Taat Hukum
Personel gabungan TNI-Polri ketika terlibat baku tembak dengan KKB di Intan Jaya, Papua. (Foto: Humas Polda Papua)

JAYAPURA, iNews.id - TNI menghormati temuan tim gabungan pencari fakta (TGPF) yang menginvestigasi kasus penembakan di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kelompok kriminal bersenjata (KKB) dipastikan menjadi dalang dari aksi penyerangan tersebut.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan, kalau ada keterlibatan personel TNI, pihaknya berkomitmen untuk taat pada hukum.

"TNI tidak akan menutupi perilaku oknum aparat yang jelas-jelas melanggar hukum," kata Kolonel Suriastawa di Kota Jayapura, Papua, Kamis (22/10/2020).

Menurut dia, pimpinan TNI tak main-main menjadikan institusinya taat pada hukum. Karena itu, oknum aparat yang diduga melanggar aturan langsung mendapat penanganan serius serta menjalani proses lanjutan.

"Untuk institusi TNI-Polri sangat jelas. Identitas, kesatuannya, komandonya, semua jelas bahkan bila dilaksanakan persidangan, mekanismenya jelas," ujar dia.

Sementara untuk komplotan KKB di Papua yang sudah melakukan serangkaian aksi keji dan penembakan terhadap aparat TNI-Polri bahkan warga sipil, tidak tahu prosesnya.

"Untuk itu, kita semua harus mendukung proses Pro-Justitia yang akan dilakukan oleh pemerintah, demi keamanan di Papua," katanya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal