Siklon Tropis 94W, Papua dan Papua Barat Diminta Bersiap Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

Antara ยท Rabu, 14 April 2021 - 12:05:00 WIT
Siklon Tropis 94W, Papua dan Papua Barat Diminta Bersiap Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem
Banjir melanda jalan raya akibat hujan lebat. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Bibit siklon tropis 94W berpotensi sangat tinggi menjadi siklon tropis dalam beberapa hari ke depan. Sejumlah daerah mendapat peringatan dini untuk bersiap siaga menghadapi cuaca ekstrem.

Adapun dearah-daerah terdampak antara lain Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, ada pula wilayah dengan level waspada untuk potensi banjir bandang pada dua hari ke depan, yakni Sulawesi Utara dan Maluku Utara.

Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan, mengaku sudah menyurati pemerintah provinsi pada Selasa (13/4/2021) agar waspada dan bersiap siaga.

"Siklon tropis ini meningkatkan potensi cuaca ekstrem," kata Lilik dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Adapun siklon ini menimbulkan puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, dan hujan es. Lalu dampaknya seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang dan lainnya.

Lilik meminta koordinasi antardinas terkait dan aparatur untuk kesiapsiagaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi serta kewenangan masing-masing. Upaya ini bertujuan untuk mencegah dampak yang mungkin timbul.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal