Situasi Agats Kondusif, Bupati Asmat Minta Warga Tak Mudah Terprovokasi Berbuat Rusuh

Antara · Minggu, 07 Maret 2021 - 16:00:00 WIT
Situasi Agats Kondusif, Bupati Asmat Minta Warga Tak Mudah Terprovokasi Berbuat Rusuh
Bupati Asmat Elysa Kambu bersama Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo. (Foto: Humas Pemprov Papua)

ASMAT, iNews.id - Bupati Asmat Elysa Kambu meminta warga tak mudah terprovokasi untuk melakukan kerusuhan lagi. Saat ini situasi Agats, ibu kota Kabupaten Asmat telah kondusif pascakerusuhan beberapa hari lalu.

"Masyarakat diharapkan tak cepat terprovokasi, sebab pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan belum dapat berjalan dengan baik apabila situasi keamanan tidak kondusif," ujar Elysa Kambu di Jayapura, Minggu (7/3/2021).

Dia mengatakan, setelah kondisi Agats kondusif, para aparatur sipil negara (ASN) akan kembali berkantor dan melayani masyarakat.

Dia juga akan menggelar pertemuan dengan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Selain itu warga Asmat juga diminta tidak lagi melakukan pengotakan kelompok satu dengan lainnya. Setelah pemilu selesai, semua warga Asmat kembali bersatu.

"Yang pasti saya segera kembali dan melakukan rekonsiliasi agar aksi-aksi yang bisa merugikan pemerintah dan masyarakat tidak terulang dan berlanjut," tuturnya.

Kerusuhan di Agats terjadi pada Rabu (3/3/2021). Terjadi perusakan kantor bupati dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asmat serta beberapa fasilitas publik lainnya.

Polri dan TNI tetap intensif melakukan patroli, ditambah 20 personel Brimob dari Merauke yang menjaga sejumlah area vital.

"Situasi kini sudah dapat dikendalikan," ujar Kapolres Asmat AKBP Dhani Gumilar.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: