Situasi di Papua Kondusif, Warga Tak Terprovokasi Ujaran Rasisme Ambroncius Nababan

Edy Siswanto ยท Kamis, 28 Januari 2021 - 14:50:00 WIT
Situasi di Papua Kondusif, Warga Tak Terprovokasi Ujaran Rasisme Ambroncius Nababan
Aktivitas masyarakat di Jayapura berjalan normal. (Foto: iNews/Edy Siswanto).

JAYAPURA, iNews.id - Situasi di wilayah Papua saat ini relatif aman pascaberedarnya isu ujaran kebencian bernada rasisme yang disampaikan politikus Ambroncius Nababan. Masyarakat tak terprovokasi karena mereka paham dengan keberagaman suku ras dan agama.

Ketua Dewan Adat, Byak Apolos Sroyer mengatakan, pernyataan tersangka rasisme ini tidak terlalu berpengaruh dengan kondusifitas daerah. Sebab banyak orang yang paham untuk menjaga toleransi dan kerukunan antarmasyarakat.

"Kami tidak perlu menanggapi postingannya (Ambroncius Nababan).  Sebab masih banyak persoalan Papua yang perlu diurus," kata Byak di Kota Jayapura, Papua, Kamis (28/1/2021).

Menurut dia, tidak semua masyarakat di Indonesia seperti Ambroncius Nababan. Banyak dari warga di negara ini yang memahami Papua, bahkan mau bersuara untuk Bumi Cenderawasih.

Meski kasus tersebut viral dan menjadi perbincangan publik, namun sampai saat ini pantauan di beberapa titik wilayah Kota Jayapura, aktivitas masyarakat masih berjalan normal.

Seorang warga Jayapura, Mama Yebelina, berharap semoga ke depannya tidak ada lagi isu bernada rasisme yang ditunjukkan kepada masyarakat Papua. Dia lebih ingin semua warga dapat hidup rukun tanpa memandang perbedaan ras, suku dan agama.

"Rukun-rukun saja. Kulit hitam kah putih kah, jadi semua kita ini anak Tuhan, kita sama," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal