Soal Dana Otsus Papua Rp1.000 Triliun, Ini Penjelasan Lengkap Mahfud MD

muhammad farhan ยท Sabtu, 24 September 2022 - 20:58:00 WIT
Soal Dana Otsus Papua Rp1.000 Triliun, Ini Penjelasan Lengkap Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD menjelasakan soal dana otsus Papua senilai Rp1.000 triliun lebih. (Foto : Antara)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfuf MD menegaskan kembali pernyataannya terkait berita penggelontoran dana Otonomi Khusus (otsus) Papua senilai Rp1.000 triliun. Dana tersebut diberikan pemerintah pusat untuk warga Papua. 

Mahfud mengatakan, dana Rp1.000 triliun yang dimaksud yakni anggaran yang telah diberikan pemerintah pusat sejak diterapkannya kebijakan otsus di Papua tahun 2001.

"Lalu muncul berbagai berita dana otsus sudah Rp1.000 T lebih yang ditransfer ke Papua. Sekali lagi, yang saya sebutkan sejak era otsus (dimulai tahun 2001)," ujar Mahfud MD melalui narasi unggahan di akun media sosial pribadinya, Sabtu (24/9/2022). 

Mahfud menekankan, dana otsus yang diberikan di masa pemerintahan Gubernur Papua Lukas Enembe sudah mencapai Rp500 triliun.

"Sejak otsus dimulai tahun 2001, sudah lebih dari Rp1.000 triliun dana dari pusat untuk Papua. Dan (khusus) di era Lukas sudah mencapai Rp500 triliun lebih," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut.

Menurutnya, dana otsus tersebut datang dari keempat sumber dana yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. 

"Kenapa Rp1.000 triliun lebih? Karena itu terdiri atas empat sumber dana: dana otsus, dana belanja Kementerian/Lembaga, dana transfer keuangan dana desa (TKDD) dan PAD (pendapatan asli daerah)," kata Mahfud. 

Diketahui, dana otsus dialokasi pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur. Namun sejauh ini diduga banyak dikorupsi oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Hal ini membuat pemerataan pembangunan masih sulit diwujudkan di Papua.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: