Tabrak Karang, Kapal Pesiar Mewah Kandas di Perairan Pulau Wayag Raja Ampat

Chanry Andrew Suripatty ยท Kamis, 19 Desember 2019 - 21:15 WIB
Tabrak Karang, Kapal Pesiar Mewah Kandas di Perairan Pulau Wayag Raja Ampat
Kapal pesiar, Aqua Blu, kandas setelah menabrak karang di perairan Pulau Wayag. (Foto: Istimewa)

SORONG, iNews.id - Kapal pesiar, Aqua Blu, kandas setelah menabrak karang di perairan Pulau Wayag, Distrik Waigeo Barat Darata, Kabupaten Raja Ampat, Papua, Rabu (18/12/2019) kemarin. Penyebabnya diduga karena awak kapal tak menguasai medan laut.

Informasi ini tersiar dari saat seorang warga, Charles Toto, menyebarluaskan insiden tersebut di akun Facebooknya. Dia mengaku, berada di lokasi saat kapal Aqua Blu kandas.

"Iya benar, kemarin kami dari sana," kata Charles saat dikonfirmasi, Kamis (18/12/2019).

Pria yang dikenal sebagai Jungle Chief Papua ini mengatakan, kapal tersebut berlayar dari Pulau Komodo itu, kandas di perairan Pulau Wayag. Menurut dia, dugaan sementara karena awak kapal kurang menguasai medan di wilayah perairan tersebut.

Padahal, seharusnya kapal yang akan masuk ke area tersebut memiliki pendamping dari warga setempat yang paham medan. Sebab, kecelakaan ini membuat karang yang menjadi destinasi wisata di tempat itu rusak, apalagi ditabrak kapal besar.

"Kapal-kapal pesiar yang masuk di obyek wisata di Raja Ampat harus butuh pemandu laut yang menguasai perairan di sana," ujarnya.

Kapal pesiar Aqua Blu merupakan kapal pesiar lambung baja yang merupakan eks kapal perang Inggris. Kapal tersebut diluncurkan untuk pertama kali di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada bulan November 2019.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal