Taman Wisata Burung Sorong Masih Tutup, Petugas Jual Barang Pribadi untuk Pakan Satwa

Chanry Andrew Suripatty ยท Senin, 08 Juni 2020 - 10:45 WIB
Taman Wisata Burung Sorong Masih Tutup, Petugas Jual Barang Pribadi untuk Pakan Satwa
Petugas di Taman Wisata Burung Sorong. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Sejumlah petugas Taman Wisata Burung Sorong terpaksa menjual barang-barang pribadi untuk membeli pakan satwa. Destinasi keluarga tersebut sementara masih harus tutup lantaran pandemi virus corona.

Pengelola Taman Wisata Burung Sorong, Muhammad Arifin, membenarkan kalau beberapa petugas termasuk dirinya harus menjual barang-barang pribadi untuk pakan satwa. Sebab tidak ada lagi pemasukan yang biasanya diambil dari retribusi parkir dan tiket masuk.

"Kami tutup total selama pandemi virus corona ini," kata Arifin di Kota Sorong, Papua Barat, Senin (8/6/2020).

Dia mengatakan, stok pakan mulai menipis karena setiap harinya para petugas harus memberi makan burung-burung di sini. Sedangkan mereka tidak memiliki pemasukan karena lokasi wisata di Jalan Osok, Distrik Aimas ini diharuskan tutup sementara.

Harapannya ke depan ada bantuan dari donatur atau pemerintah daerah (pemda) untuk pembelian pakan bagi satwa-satwa ini. Apalagi banyak burung di sini merupakan hewan-hewan yang dilindungi negara.

Puluhan satwa yang menjadi koleksi Taman Burung Sorong sebagian besar merupakan satwa endemik Papua, seperti Burung Cendrawasih, Burung Mambruk dan Burung Kakak Tua Raja dan satwa lainnya.

"Semoga pandemi virus corona ini segera berakhir, sehingga warga bisa beraktivitas seperti biasa dan di sini ramai dikunjungi oleh warga," ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal