Teluk Wondama Papua Masuki Zona Hijau Covid-19

Antara ยท Selasa, 28 April 2020 - 09:35:00 WIT
Teluk Wondama Papua Masuki Zona Hijau Covid-19
Rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Teluk Wondama. (Foto: Antara).

WASIOR, iNews.id - Warga yang diduga terpapar virus corona di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, mulai membaik. Mereka yang berstatus dalam pemantauan (ODP) sudah menjalani masa isolasi mandiri.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama, Yoce Kurniawan mengatakan, perlahan daerahnya mulai bergerak dari zona kuning menuju zona hijau dalam penyebaran Covid-19.

"Semuanya telah menuntaskan masa karantina mandiri selama 14 hari. Dengan demikian ODP di Teluk Wondama saat ini nol," kata Yoce di Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua, Selasa (28/4/2020).

Kemudian ada 12 orang tanpa gejala (OTG) di daerah tersebut, kata dia, juga telah dinyatakan bebas setelah menjalani masa karantina mandiri selama dua pekan. Namun mereka harus menjalani rapid test lebih dulu.

"Untuk 12 OTG kita akan adakan rapid test karena mereka dari kluster Gowa. Hari ini kita periksa," katanya.

Sementara itu di wisma karantina Covid-19, kata Yoce, hingga Senin (27/4/2020) siang sudah terisi delapan orang. Mereka semuanya merupakan pelaku perjalanan dari daerah endemik virus corona.

"Ada tiga pelaku perjalanan dari daerah transmisi lokal dan lima orang dari Nabire (Papua), mereka dari Manokwari mau ke Nabire tapi tidak bisa lewat karena jalan ditutup, mereka masuk Wasior," ujar dia.

Karena dianggap sebagai pendatang, kedelapan orang ini diwajibkan menjalani masa karantina selama 14 hari. Setelah itu mereka baru diizinkan melanjutkan perjalananya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal