Tempat Karantina Covid-19 di Manokwari Penuh, Satgas: RS Sebentar Lagi Tutup

Antara ยท Rabu, 16 September 2020 - 10:20 WIT
Tempat Karantina Covid-19 di Manokwari Penuh, Satgas: RS Sebentar Lagi Tutup
Warga terinfeksi Covid-19 yang menjalani karantina di fasilitas pemerintah. (Foto: Dok iNews).

MANOKWARI, iNews.id - Fasilitas karantina pasien Covid-19 di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, sudah penuh. Selama September ini rumah sakit rujukan dan sejumlah layanan kesehatan diperkirakan tak lagi menerima pasien rawat inap.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua Barat, Arlodus Tiniap mengatakan, peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Manokwari terus meningkat sejak pertengahan Agustus 2020.

"Kapasitas tempat karantina ada 40 kamar, namun yang terpakai untuk pasien ada 30. Semuanya sudah terisi," kata Arnold di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (16/9/2020).

Kondisi ini membuat pasien yang tidak mengalami gejala harus menjalani isolasi mandiri. Namun saat kesehatan mereka memburuk, pasti harus dirujuk ke rumah sakit untuk perawatan intensif.

"Saat kondisinya memburuk dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit atau puskesmas, mungkin dalam bulan ini semua faskes baik rumah sakit atau pun puskesmas akan penuh semua," ujarnya.

Dia memprediksi tim medis akan kewalahan dalam menindaklanjuti peningkatan kasus ini. Ditambah daya tampung fasilitas karantina dan pelayanan kesehatan yang sudah penuh.

"Bahkan bisa saja kita close. Kalau faskes penuh semua, lalu tenaga kesehatan terpapar maka layanan kesehatan bisa tutup," kata dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal