Tenaga Medis Puskesmas dan Klinik di Sorong Sudah Dibekali APD Lengkap

Antara ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 09:45 WIB
Tenaga Medis Puskesmas dan Klinik di Sorong Sudah Dibekali APD Lengkap
Petugas kesehatan mengenakan APD lengkap. (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Tenaga medis di puskesmas dan klinik di Kota Sorong, Papua Barat, sudah dibekali alat pelindung diri (APD) lengkap. Dengan ini pelayanan kesehatan kepada warga diharapkan dapat berjalan optimal.

Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sorong, Herlin Sasabone mengatakan, APD tersebut mulai dari masker, kacamata pelindung, baju hazmat hingga hand sanitizer.

"APD ini bantuan dari berbagai pihak seperti BUMN, BUMND, perusahaan, lembaga sosial dan donasi masyarakat," kata Herlin di Kota Sorong, Papua Barat, Jumat (3/7/2020).

Menurut dia, penyaluran APD ini sudah dua kali dilakukan. Tahap pertama disalurkan kepada sepuluh Puskesmas yang ada di kota Sorong. Saat ini ke puskesmas, balai pengobatan dan klinik.

"Jumlah APD yang disalurkan disesuaikan dengan beban kerja puskesmas dan klinik," ujar dia.

Herlin menjelaskan, bantuan APD tersebut disalurkan kepada puskesmas dan klinik ini bertujuan untuk menunjang tenaga medis memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Terima kasih atas bantuan semua pihak, sehingga ketersediaan APD mencukupi untuk tenaga medis di puskesmas dan klinik di Sorong," ujar dia.

Dia berharap, masyarakat turut membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona di kota Sorong. Caranya, warga harus disiplini menerapkan protokol kesehatan.

"Kurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada keperluan penting, gunakan masker saat ke luar rumah, rajin cuci tangan, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," ujarnya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal