Tidak Warga Mudik, Polresta Jayapura: Masyarakat Paham Pembatasan Aktivitas di Papua

Antara ยท Kamis, 21 Mei 2020 - 08:30 WIB
Tidak Warga Mudik, Polresta Jayapura: Masyarakat Paham Pembatasan Aktivitas di Papua
Aktivitas warga di jalan utama Kota Jayapura. (Foto: Antara).

JAYAPURA, iNews.id - Polresta Jayapura Kota memastikan tidak ada aktivitas mudik beberapa hari jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di wilayah tersebut. Aktivitas warga keluar masuk sejumlah daerah penyangga dinilai hanya untuk keperluan bekerja saja.

"Sejauh ini dalam pantauan tidak ada aktivitas mudik keluar atau masuk Kota Jayapura," kata Kasubag Humas Polresta Jayapura Kota, AKP Jahya Rumra, saat dikonfirmasi Kamis (21/5/2020).

Menurut dia, Pelabuhan Jayapura yang terletak di Kelurahan Gurabesi, Distrik Jayapura Selatan, selama ini hanya dipakai untuk operasional angkutan barang, bukan untuk penumpang.

"Sementara ini tidak untuk angkutan penumpang. Ini karena diberlakukan pembatasan di Provinsi Papua, terutama di Kota Jayapura yang sudah berjalan hampir sebulan lebih," ujar dia.

Selain itu, kata dia, polisi bersama petugas gabungan lainnya gencar mengimbau warga untuk tidak mudik guna memutus mata rantai penyebaran virus corona, termasuk melaksanakan protokol kesehatan.

"Tidak keluar rumah jika tidak perlu, gunakan masker, cuci tagan setelah beraktivitas dan terapkan pola hidup sehat," katanya.

Terkait aktivitas warga antarkota atau kabupaten, kata dia, tidak ada kegiatan mudik. Mereka hanya bekerja, seperti membawa hasil bumi ke pasar, atau keperluan angkutan barang.

"Itu rata-rata yang keperluan kerja atau aktivitas ekonomi. Kalau mudik tidak ada, warga juga sudah memehami dengan adanya pembatasan aktivitas hingga pukul 14.00 WIT dan sudah tertib," katanya.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal