Tim Gabungan TNI-Polri Tindak KKSB di Intan Jaya, 1 Orang Tewas

Tim iNews.id ยท Selasa, 27 Oktober 2020 - 01:06:00 WIT
Tim Gabungan TNI-Polri Tindak KKSB di Intan Jaya, 1 Orang Tewas
Tim Gabungan TNI Polri menindak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kampung Jalai Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Senin (26/10/2020). (Foto: Ist)

PAPUA, iNews.id - Tim Gabungan TNI Polri menindak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kampung Jalai Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Senin (26/10/2020). Ini merupakan hasil pengembangan pasca-penghadangan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) oleh KKSB 9 Oktober 2020 lalu. 

Dari hasil pengembangan dan pengumpulan informasi dari masyarakat diperoleh informasi akurat bahwa salah satu kelompok KKSB bermarkas di Kampung Jalai Distrik Sugapa. Sejak Rabu (21/10/2020) dilaksanakan pengintaian terhadap markas KKSB di Kampung Jalai Distrik Sugapa dan teridentifikasi salah satu honai yang diduga kuat sebagai salah satu pos KKSB. 

Juga diperoleh informasi dari masyarakat bahwa KKSB beberapa kali meminta jatah dana satu desa yang seharusnya digunakan untuk kepentingan umum desa. Penindakan dimulai pukul 05.30 WIT oleh Tim Gabungan TNI-Polri dan berhasil menewaskan satu orang KKSB, yaitu Rubinus Tigau.

Selain itu Tim Gabungan mengamankan dua orang lainnya yang salah satunya mengaku adik dari Rubinus Tigau. Darinya diperoleh keterangan bahwa Rubinus Tigau memang aktif dalam aksi KKSB selama kurang lebih satu tahun terakhir.


Editor : Ranto Rajagukguk